Ganjar Pranowo Sebut Program Ekotren Dapat Berdayakan Santri

 

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menghadiri halalbihalal bersama Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Jateng. Kegiatan itu dilakukan di Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang pada Senin (29/5). 

Di hadapan ratusan anggota HIPMI yang hadir, Ganjar mendorong HIPMI untuk mampu menjadi penggerak program Ekonomi Pesantren atau Ekotren yang dijalankan Pemprov Jawa Tengah. 

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Gubernur Jawa Tengah Gus Yasin dan Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka.

"Pak Wagub sedang menyiapkan programnya, ekotren atau ekonomi pondok pesantren kami gerakkan. Kalau hari ini mereka bisa berdampingan, bekerja sama dengan HIPMI tentu banyak pelajaran yang bisa didapat," ujar Ganjar , Minggu, (18/06/2023).


Ganjar menyampaikan pentingnya program ekotren selain memberdayakan santri untuk ikut menaikkan perekonomian daerah, juga untuk merangkul pesantren agar dapat menyesuaikan perkembangan zaman. 

Selain itu, HIPMI juga diharapkan bersana pemerintah dapat terus bersinergi untuk memberikan pelatihan dan pendampingan agar lebih banyak enterpreneur muda yang lahir.

Pasalnya, kata Ganjar, enterpreneur muda saat ini baru berada di angka empat persen, sedangkan untuk mengoptimalkan peningkatan perekonomian setidaknya butuh 14 persen pengusaha muda. 

"Saya berharap kawan-kawan HIPMI yang lagi berkumpul bisa mendorong, mengajari, mendampingi pengusaha muda bisa tumbuh seperti start up dan enterpreneur baru karena kita masih sedikit sekali (pengusaha muda), belum sampai 4 persen," kata Ganjar.


Gubernur Jawa Tengah dua periode itu juga menuturkan lahirnya lebih banyak enterpreneur muda juga untuk mencapai kemandirian ekonomi, khususnya ekonomi di daerah.

Ganjar mengharapkan, HIPMI dengan kekuatan struktural dapat menjadi wadah generasi muda yang ingin menjadj pengusaha. 

"Kami harapkan nanti muncul pemuda-pemuda yang lebih banyak untuk menjadi enterpreneur, itu kami butuhkan apalagi kita butuh mandiri dari sisi ekonomi, maka perlu diciptakan lebih banyak lagi pengusaha muda," kata Ganjar.

Posting Komentar

0 Komentar
* Please Don't Spam Here. All the Comments are Reviewed by Admin.